Proses Penulisan Karya Ilmiah

Nama: Agi Hermawan
NPM: 202246500742
Kelas: R3J



Poin Poin Penulisan Karya Ilmiah

Home Alone (1990)

Pendahuluan 

Film dapat didefinisikan sebagai serangkaian gambar diam yang ketika ditampilkan pada layar akan menciptakan ilusi gambar bergerak. Ilusi ini disebabkan oleh efek fenomena phi, yaitu sebuah efek optik yang menyebabkan otak manusia melihat gerakan berkelanjutan antar objek yang berbeda secara cepat dan berturut-turut. Selain itu, film juga dapat didefinisikan sebagai karya seni dan budaya yang merupakan media komunikasi massa pandang-dengar yang dibuat berdasarkan asas sinematografi.

Film “Home Alone” (1990) merupakan salah satu film komedi klasik yang telah dinikmati oleh penonton di seluruh dunia. Film ini menceritakan kisah Kevin McCallister, seorang anak laki-laki berusia delapan tahun yang tertinggal di rumah saat keluarganya pergi berlibur ke Paris. Kevin harus menghadapi dua pencuri yang mencoba masuk ke rumahnya.

Teori Mimesis

Teori mimesis adalah teori yang mengkaji hubungan antara karya seni dengan realitas. Teori ini berpendapat bahwa karya seni merupakan representasi dari realitas, baik secara langsung maupun tidak langsung. Mimesis dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk, termasuk bentuk visual, verbal, dan musikal.


Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian film “Home Alone” ini adalah metode kualitatif. Metode kualitatif adalah metode penelitian yang menggunakan data non-numerik, seperti teks, gambar, dan video. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi pengembangan karakter, struktur cerita, dan elemen visual.


Rumusan Masalah

1. Apakah dari film "Home Alone" penonton bisa mendapatkan pengalaman estetis?
2. Apakah film "Home Alone" berhasil meniru situasi kehidupan asli seorang anak kecil yang tinggal sendirian di rumahnya?






Sekian Terima Kasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Mimesis dan Teori Significant Form

Penulisan Artikel Ilmiah Tahap 1